You are here: Home » Program » #MariMenonton, Geliat Pecinta Film Banjarnegara

#MariMenonton, Geliat Pecinta Film Banjarnegara

BANJARNEGARA – Apresiatif dan bermanfaat. Setidaknya dua kata tersebut pantas menggambarkan acara pemutaran dan diskusi film pendek terpilih dan terbaik FFS 2013 yang baru-baru ini diadakan oleh Godong Gedang Banjarnegara bekerjasama dengan Festival Film Solo (FFS). Acara yang bertajuk “Mari Menonton!” ini digelar pada Sabtu dan Minggu, 14 dan 15 Desember 2013 pukul 13.30-17.00. Auditorium Politeknik Banjarnegara dirasa cukup nyaman menjadi tempat bertemunya para pecinta film di Banjarnegara untuk berbagi ilmu dan informasi.

Ada sepuluh film pendek terpilih dan terbaik yang disajikan dalam pemutaran dan diskusi kali ini. Film-film tersebut adalah Pohon Penghujan (Jakarta), Sore Hari (Jakarta), Halaman Belakang (Palu), Umar Amir (Palu), Aku Kudu Piye, Tweeps? (Yogyakarta), Liburan Keluarga (Solo), Sinema Purnama (Pamulang), On The Way (Solo), Subuh (Yogyakarta), dan film proyek FFS 2013 yaitu Omnibus Solo. Pada kesempatan kali ini pula, Banjarnegara kedatangan tamu istimewa dari FFS yaitu Bayu Bergas (Direktur FFS) bersama dengan Wahyu Windriana (Cipta Visual FFS), Ancha Latief (Sutradara ‘Umar Amir’), dan Luhki Herwanayogi (Sutradara ‘Aku Kudu Piye, Tweeps?’).
Pada hari pertama, sebanyak 77 orang penonton yang hadir berasal dari berbagai usia dan kalangan, mulai dari siswa dan guru SMP dan SMA, serta masyarakat umum. Setiap film memiliki kriteria umur tersendiri sehingga penonton harus menuliskan daftar hadir dan menunjukkan identitasnya sebelum masuk ke ruang screening. Setiap sesi pemutaran dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama para tamu yang dihadirkan, dipandu oleh moderator Hadi Saputra, mahasiswa FFTv Institut Kesenian Jakarta. Mendoan, pisang goreng, kacang rebus, dan kopi/teh menjadi suguhan khas desa yang bisa dinikmati penonton pada saat istirahat. Di hari kedua, penonton yang hadir tidak sebanyak di hari pertama, namun keantusiasan mereka ditunjukkan dengan pertanyaan variatif yang terlontar pada saat diskusi. Apalagi penonton diberi kesempatan berdiskusi melalui Skype bersama Andra Fembrianto (Sutradara ‘Sinema Purnama’).
Program Mari Menonton ini merupakan salah satu program Godong Gedang Banjarnegara dengan tujuan untuk memberikan tontonan yang berkualitas kepada masyarakat Banjarnegara serta menghargai karya sineas muda Indonesia. Bukan hanya menonton saja, namun saling berbagi ilmu perihal perfilman yang dibutuhkan oleh para pecinta film. Nantinya, acara ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat sehingga muda-mudi Banjarnegara mulai bergeliat dan berproses untuk menghasilkan karya yang hebat. Mulai dari menonton dan berdiskusi untuk menghargai suatu karya. Mari menonton!

Leave a Reply