You are here: Home » Kelas Menulis » Menulis untuk Banjarnegara, Harapan akan Perubahan

Menulis untuk Banjarnegara, Harapan akan Perubahan

“Dendam… menjadi energi besar yang mendorong saya untuk terus menulis. Saya tak mau dilupakan sejarah. Saya mau jadi orang yang berkesadaran sejarah. Maka saya memutuskan untuk menulis.” 
 – Fahd Djibran

 
BANJARNEGARA – Sebanyak 12 orang peserta terseleksi mengikuti serangkaian acara Kelas Menulis seri pertama yang diinisiasi oleh Godong Gedang Banjarnegara.  Acara yang bertajuk “Sinau Bareng: Jurnalisme Warga” atau sering disingkat dengan hashtag #SBJW ini dihelat mulai tanggal 20-23 Februari 2014 selama kurang lebih tiga jam setiap harinya. Hari pertama dan kedua, kelas dihadiri oleh seorang dosen Hubungan Internasional UGM, Suci Lestari Yuana. Wanita yang akrab disapa dengan panggilan Nana ini, memberikan materi mengenai penulisan dan bagaimana tulisan bisa membuat perubahan. Selain itu, ia juga memutarkan film berjudul Freedom Writers, yang kaya akan makna dari semangat menulis. Pada kesempatan itu, Nana banyak memotivasi peserta #SBJW dalam hal menulis dan semangat membuat perubahan dengan memperhatikan dan peka terhadap lingkungan sekitar, khususnya Banjarnegara.
Setelah peserta dimanjakan dengan motivasi yang membuat mereka semangat untuk menulis, di hari ketiga dan keempat, para peserta mendapatkan materi mengenai dasar-dasar penulisan dan hal-hal yang berkaitan dengan teknis penulisan oleh Castro Suwito, Wartawan Suara Merdeka. Castro, yang sudah berkecimpung pada dunia jurnalis sejak berada di bangku kuliah, banyak berbagi mengenai tips dan trik dalam menulis sebuah berita sehingga dapat diandalkan validitasnya dan tetap menarik untuk dibaca. Dengan sepak terjangnya sebagai wartawan yang mencari informasi seputar daerah, Castro juga memperkaya para peserta dengan informasi terbaru dan fenomena yang terjadi di Banjarnegara.
Pada akhir kelas, para peserta berinisiatif untuk tetap berkumpul dan membuat bulletin mengenai Banjarnegara dari prespektif kaum mudanya, sebelum akhirnya berencana untuk meluncurkan sebuah buku karya bersama. Kelas Menulis seri kedua rencana akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2014 dengan tema yang berbeda. Harapannya, kelas menulis tersebut dapat mencetak kaum muda Banjarnegara yang berpikir kritis dan sistematis, gemar mencatat sejarah, dan berani melakukan perubahan. Mari berkontribusi untuk Banjarnegara!

Leave a Reply