You are here: Home » Profil

Profil

Godong Gedang Banjarnegara adalah sebuah bentuk kepedulian terhadap ruang berproses bagi kaum muda Banjarnegara. Akhir tahun 2012, Godong Gedang berdiri secara mandiri dan sederhana atas kesadaran beberapa kaum muda Banjarnegara yang merantau dan menimba ilmu di kota-kota besar, lalu berkeinginan membagikan apa yang didapatkannya di sana dengan mengapresiasi seni yang ada di daerahnya sebagai salah satu cara. Ketiadaan ruang yang representatif atau bahkan mendekati cukup, setidaknya dalam konteks kesenian di kota sekecil Banjarnegara, menjadi salah satu penyebab munculnya kesadaran tersebut.

Dari sinilah perjalanan dimulai. Godong Gedang melakukan perubahan mulai dari hal yang kecil, yaitu membentuk ruang-ruang yang diwujudkan melalui beberapa program, seperti halnya layar tancap film pendek ke beberapa desa di Banjarnegara, pemutaran film pendek di sekolah-sekolah Banjarnegara, program kelas intensif jurnalisme warga, kelas fotografi kamera analog, pementasan teater, dan kegiatan positif lainnya yang berupaya untuk memaksimalkan minat dan bakat kaum muda Banjarnegara melalui proses yang mendewasakan dan mematangkan kemampuannya masing-masing. Tidak jarang, tim pengelola program mengundang orang-orang yang berkompeten di bidangnya untuk membagikan ilmunya dalam program-program Godong Gedang. Semua program itu bermuara pada satu tujuan; adanya ruang bagi kaum muda Banjarnegara untuk berproses.

Perjalanan begitu berat pada awalnya. Dengan partisipasi dan apresiasi kaum muda yang rendah, mengakibatkan adanya keterbatasan pada proses menjalankan program. Namun keterbatasan ini tidak menghalangi Godong Gedang untuk berkembang, testimoni dan kritik yang masuk justru membuat Godong Gedang semakin kokoh. Hingga kini, sudah ada lebih dari 100 kaum muda Banjarnegara yang pernah terlibat langsung dalam program-program Godong Gedang. Saat ini, Godong Gedang mulai menerapkan pendidikan mandiri bagi kaum muda, dengan keyakinan bahwa kaum muda harus tetap dibebaskan secara pikiran namun diarahkan secara kontekstual.

Godong Gedang Banjarnegara milik siapa saja warga Banjarnegara yang punya kemauan untuk berproses, tanpa kepentingan perseorangan ataupun kelompok. Siapapun Anda, silahkan berproses bersama Godong Gedang. Bahagia itu sederhana, namun seni lebih dari sekedar sederhana.