You are here: Home » Uncategorized » Rembugan Film 2, Ilmu dalam Kesederhanaan

Rembugan Film 2, Ilmu dalam Kesederhanaan

BANJARNEGARA – Sekelompok muda-mudi berkumpul di sebuah ruangan bekas kantor Dinas Industri dan Perdagangan Banjarnegara pada Sabtu (6/7) malam. Ajang berkumpul ini dikarenakan adanya pemutaran empat buah film independen karya mahasiswa Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Film-film tersebut yaitu Kembang Api, SD Card 32gb, Mekar di Kolam, dan Sore Hari. Pada kesempatan ini, pihak penyelenggara yaitu Godong Gedhang dan Kita Harus Putar Film! berhasil mendatangkan dua diantara empat sutradara film yang diputar, mereka adalah Andrie Sasono, sutradara film Sore Hari, dan Tengku Iskandar, sutradara film Kembang Api, dimana keduanya terlibat langsung dalam pembuatan hampir semua film-film yang diputar. 
Acara berlangsung mulai pukul 20.15 hingga 23.00. Perlengkapan dan tempat yang digunakan begitu sederhana. Hanya berbekal tikar dan layar proyektor. Jamuan yang tersedia juga hanya kacang kulit dan air mineral. Namun, kehangatan suasana yang tercipta menjadi alasan para pemuda tersebut untuk bertahan demi ilmu dan teman baru yang bisa memperluas wawasan, bukan hanya sekadar nongkrong di sepanjang jalan Pemuda dan melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat
Sebelumnya, Rembugan Film sudah pernah diadakan, yaitu pada bulan Maret 2013 di tepian sungai serayu The Pikas Resto and Artventure. Rembugan Film pertama dihadiri oleh Bowo leksono, punggawa film asal Purbalingga, dan juga Hadi Saputra, mahasiswa FFTv IKJ. Sebagai sebuah kegiatan positif yang mengarah pada seni kreatif ini diharapkan bisa menjadi sarana alternatif bagi anak muda Banjarnegara dalam menyalurkan hobi dan minat pada seni secara positif dan menjadi media untuk mengasah kepekaan produsen film lokal agar bisa bersaing di kancah yang lebih luas.

Leave a Reply