You are here: Home » Banjarnegara » Warna-Warni Dinding Corak Aspirasi dan Apresiasi

Warna-Warni Dinding Corak Aspirasi dan Apresiasi

IMG_3017

Oleh Adhirga Romadhona

Banjarnegara- Gegap gempita suasana mudik makin berwarna bagi masyarakat Banjarnegara ketika melewati sekitaran wilayah jalan Dipayuda. Ada pemandangan yang berbeda dari hari-hari biasanya, sekumpulan anak muda mencoba menyalurkan kreatifitasnya melalui dinding-dinding berkolom. Sebanyak 20 kolom dinding menjadi medium bagi para seniman lukis dinding atau mereka yang biasa disebut street artist dengan acara yang bertajuk Mural Tugeder 01 (27/7). Motif coretan yang terbentang panjang memiliki pesannya masing-masing berdasarkan apa yang mereka rasakan disetiap momen untuk Banjarnegara.

Sebagai inisiator kegiatan Mural Tugeder 01, Febrian Doni dan Upi Fullhandsting memiliki niat untuk menyatukan kembali para street artist yang sudah lama tidak mengilustrasikan pesan melalui ruang publik pada kegiatan ini. Semangat kreatifitas yang melekat pada jiwa Doni sebagai mahasiswa aktif Institut Seni Indonesia, memantik dirinya untuk mengumpulkan berbagai ragam pemikiran dari setiap pelukis dinding yang bersedia untuk berpartisipasi dan menyuarakan aspirasi mereka melalui dinding. Setiap goresan yang terajah pada kanvas dinding sepanjang jalan Dipayuda, merupakan pesan yang ingin disampaikan untuk Banjarnegara. Upi juga menambahkan bahwa tema kegiatan Mural Tugeder 01 sengaja dibebaskan. Hal ini dimaksudkan untuk melenturkan suasana awal setelah lama tidak berjumpa dengan dinding dan ruang publik.

Dinding merupakan bagian dari ruang publik yang menjadi mediasi pesan para pelukis dinding agar masyarakat bisa menikmati dan mengapresiasi pesan dalam bentuk gambar. Gambar yang terpampang pun berbeda-beda jenisnya, mulai dari grafiti, typografi, full colour, dan mural sederhana, dan beberapa varietas yang lain menjadi warna-warni indah sebuah pesan. Oleh karenanya, Mural Tugeder seri pertama merupakan ruang untuk menyampaikan sebentuk pesan dan tempat untuk mengapresiasi sebuah karya seni yang dapat dinikmati semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Selain itu, Para seniman lukis yang ikut berpartisipasi dalam Mural Tugeder 01 memiliki harapan agar kegiatan semacam ini dapat berlangsung dengan skala yang lebih besar dan lebih intensif. Harapan ini memiliki maksud agar di setiap isu yang sedang berkembang pada tataran lokal, nasional, maupun internasional dapat dicerna oleh anak muda dan dapat menyampaikan aspirasi serta kritik sosial di dalamnya sebagai bentuk apresiasi melalui karya seni.

Leave a Reply